Jenis-jenis peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi jaman dahulu:1. Papyrus : kertas yang terbuat dari daun tumbuhan papyrys yang digunakan untuk menulis
2. Bereguh : alat komunikasi yang terbuat dari tanduk kerbau yang digunakan dengan cara ditiup
3. Kulkul : alat komunikasi berbentuk seperti kentongan, terbuat dari kayu yang berongga yang digunakan dengan cara dipukul
4. Dan lain-lain
Peralatan
teknologi informasi dan komunikasi pada zama modern semua dipisah
menjadi dua:
Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi
Teknologi Informasi
contohnya :
Computer : mesin serbaguna yang dapat dikontrol oleh program, digunakan untuk mengolah data menjadi informasi
Teknologi Komunikasi
contohnya :
Surat kabar : alat komunikasi satu arah yang dapat dibaca
Radio : alat komunikasi satu arah yang hanya dapat didengar
Telepon : alat komunikasi 2 arah yang dapat bergantian komunikasi
Televisi : alat komunikasi 1 arah yang hanya dapat dilihat dan didengar.
Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Sejarah perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dibagi menjadi beberapa periode :1. Periode sebelum masehi :
- Periode sebelum 3000 SM sampai 3000 SM
Periode ini, makhluk yang hidup di dunia ini berkomunikasi menggunakan gambar di dinding dinding gua.
- Periode 3000 SM
Pada periode ini, Bangsa Sumeria menggunakan tulisan simbol-simbol (huruf piktograf) sebagai alat berkomunikasi.
- Pada 2900 SM
Pada periode ini, Bangsa Mesir kuno menggunakan huruf hieroglif untuk berkomunikasi.
- Pada 500 SM
Pada periode ini, Bangsa Mesir kuno menggunakan serat papyrus sebagai kertas untuk menulis.
- Pada 105 SM
Pada periode ini, Bangsa Cina menggunakan kertas dari serat bambu.
2. Periode setelah masehi :
- Penemuan telegraf oleh Samuel Finley B.M (1837)
- Penemuan telepon oleh Antonio Meucci (1874) yang kemudian dikembangkan oleh Alexander Graham Bell (1876)
- Penemuan Radio oleh Guglielmo Marconi (1901)
- Penemuan televisi oleh Paul Nipkow (1883)
Sejarah pengembangan computer:
5000 tahun yang lalu di Asia ada alat “Abacus “ yang digunakan sebagai alat hitung
1642 Blaise Pascal menemukan kalkulator “Pascaline”, melakukan operasi penjumlahan
1694 Gottfred Wilhem von Leibniz menemukan alat hitung penjumlahan dan perkalian
1820
kalkulator mekanik “Arithometer” oleh Charles Xavier Thomas de
Colmar, alat ini mampu melakukan operasi penjumlahan, pengurangan,
perkalian dan pembagian
Cikal bakal computer : penemuan mesin hitung “difference engine” oleh Charles Babbage 1822
Pengembangan computer berdasar generasi:
1. Generasi pertama (1946-1959)
Ciri :
Menggunakan tabung hampa pd sirkuitnya
Program hanya dibuat dengan bahasa mesin
Ukuran fisik sangat besar dan memerlukan tempat luas
Capat panas, perlu mesin pendingin
Proses lambat
Kapasitas sedikit
Butuh data listrik besar
Aplikasi terbatas
Contoh : ENIAC, Hardvard Mark II, IBM SEC, EDSAC,ACE, SEC, UNIVAC
Ciri:
Menggunakan trasnsistor pada sirkuitnya
Ukuran fisik lebih kecil
Menggukana program bahasa tingkat tinggi : FORTRON, COBOL, ALGOL
Kapasitsa memori cukup besar
Menggukana simpanan luar magnetic disk
Mempunyai kemampuan realtime dan time sharing
Proses operasi lebih cepat
Membutuhkan daya lebih kecil
3. Generasi ketiga (1964-1970)
4. Generasi keempat (1979-sekarang)
5. Generasi kelima
yang melawan hokum yang dilakukan oleh seseorang dengan mengguanakan sarana computer
Aplikasi lebih luas
Contoh: PDP-1, PDP-8, UNIVAC III, UNIVAC SS80, IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400
Ciri :
Menggunakan IC ( Integrated Circuit)
Peningkatan software
Proses pengolahan data lebih cepat dan akurat
Mempunyai kapasitas memory lebih besar
Mengguakan penyimpan luar
Daya listrik lebih hemat
Menggunakan multi processing
Menggunakan visual display terminal, mampu menampilkan gambar dan grafik
Harga murah
Dapat berkomunikasi antar komputer
Contoh : IBM s/360, NOVA, UNIVAC 1108, UNIVA 9000, NCR, GE 600. GE 235, CDC 3000
Ciri :
Berukuran lebih kecil
Harga relative murah
Mecul PC (personal computer)
Terdapat aplikasi yang semakin lengkap
Menggunakan VLSIC (Very Large Scale Integrated Circuit)
Menggunakan chip yang bernama microprocessor
Contoh
: mikro altari MITS, Cray-I, Apple II, Desktop
computer Xerox, IBM PC/XT
Dalam pengembangan Negara Jepang menggunakan VLSI (Very Large Scale Interation)
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Contoh penerapan dibidang :
Perusahaan : ERP (Enterprise Resource Planning)
Bisnis : E-Commerce
Perbankan : E-Banking
Pendidikan : E-Learning
Kesehatan : Smart Card
DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Cybercrime : kejahantan atau tindak yang melawan hokum yang dilakukan oleh seseorang dengan mengguanakan sarana computer
Aktivitas kejahatan dalam jaringan internet :
Hacking : usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengekploitasi stau mencari kelemahan system jaringan
Cracking
: usaha memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud mencari,
mengubah atau menghacurkan file atau data yang disimpan dalam computer
pada suatu jaringan
MENGAKTIFKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTER
Prosedur yang benar menghidupkan computer
Menyalakan stabilizer
Menyalakan power pada Chassing / CPU
Menyalakan power pada monitor
Menunggu computer loading system operasi (missal Windows)
Tunggu beberapa saat sampai keluar tampilan desktop di monitor
Prosedur yang benar mematikan computer
Klik tombol start
Pilih shut down atau turn off
Klik OK
4 Tunggu beberapa saat sampai computer mati
Matikan tombol off pada monitor dan stabilizer
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Perangkat keras dibangi menjadi
1. Perangkat masukan (input device)
a. Keyboard
b. Mouse
c. Joystick
d. Scanner
e. Digital camera
f. Microphone
g. Webcam
2. Perangkat proses (process device)
a. Motherboard / Mainboard
b. CPU / Microprocessor : ALU: aritmetic logical unit, CU:control unit, MU:memory unit
3. Perangkat simpan (storage device)
a. Primary storage : ROM, RAM
b. Secondary storage : harddisk, disket, UFD, CD/DVD
4. Perangkat keluaran (output device)
a. Monitor
b. Printer
5. Perangkat tambahan (peripheral) : TV turner, card reader, modem
PERANGKAT LUNAK
Penggolongan perangkat lunak
1. Sistem Operasi
a. Basis teks (CLI: Command Line Interface) : MS-DOS, UNIX
b. Basis grafis (GUI:Graphic Unit Interface) : Microsoft Windows, macintosh, Linux
2. Program Utility
a. File Viewer : ACDSee, Adobe Reader
b.Sytem
Utulity : program Scandisk, hardware monitor, file compression,
security program(antivirus, anti spyware, firewall, password generator)
3. Bahasa Pemprograman : FORTRAN, COBOL. PASCAL, BASIC, C++, dsb…
4. Program Aplikasi
a. Program pengolah kata
b. Program pengolah angka
c. Program presentasi
d. Program multimedia
e. Program desain grafis
f. Program publisher
g. Program database
Tidak ada komentar:
Posting Komentar