Sabtu, 21 Maret 2015

Rangkuman Materi TIK Kelas 7

Jenis-jenis peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi jaman dahulu:
1. Papyrus : kertas yang terbuat dari daun tumbuhan papyrys yang digunakan untuk menulis 
2. Bereguh : alat komunikasi yang terbuat dari tanduk kerbau yang digunakan dengan cara ditiup
3. Kulkul : alat komunikasi berbentuk seperti kentongan, terbuat dari kayu yang berongga yang digunakan dengan cara dipukul
4. Dan lain-lain

Peralatan teknologi informasi dan komunikasi pada zama modern semua dipisah menjadi dua:
Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi
Teknologi Informasi
contohnya :

Computer : mesin serbaguna yang dapat dikontrol oleh program, digunakan untuk mengolah data menjadi informasi
Teknologi Komunikasi 
contohnya :
 Surat kabar : alat komunikasi satu arah yang dapat dibaca
 Radio : alat komunikasi satu arah yang hanya dapat didengar
 Telepon : alat komunikasi 2 arah yang dapat bergantian komunikasi
 Televisi : alat komunikasi 1 arah yang hanya dapat dilihat dan didengar.

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sejarah perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dibagi menjadi beberapa periode :
1. Periode sebelum masehi : 
    - Periode sebelum 3000 SM sampai 3000 SM
    Periode ini, makhluk yang hidup di dunia ini berkomunikasi menggunakan gambar di dinding dinding gua.
    - Periode 3000 SM
     Pada periode ini, Bangsa Sumeria menggunakan tulisan simbol-simbol (huruf piktograf) sebagai alat berkomunikasi.
    - Pada 2900 SM 
      Pada periode ini, Bangsa Mesir kuno menggunakan huruf hieroglif untuk berkomunikasi.
    - Pada 500 SM 
      Pada periode ini, Bangsa Mesir kuno menggunakan serat papyrus sebagai kertas untuk menulis.
    - Pada 105 SM
      Pada periode ini, Bangsa Cina menggunakan kertas dari serat bambu. 
2. Periode setelah masehi :
    - Penemuan telegraf oleh Samuel Finley B.M (1837)
   - Penemuan telepon oleh Antonio Meucci (1874) yang kemudian dikembangkan oleh Alexander Graham Bell (1876) 
    - Penemuan Radio oleh Guglielmo Marconi (1901)
    - Penemuan televisi oleh Paul Nipkow (1883)
    - Dan penemuan-penemuan yang lain.
Sejarah pengembangan computer:
 
5000 tahun yang lalu di Asia ada alat “Abacus “ yang digunakan sebagai alat hitung
1642 Blaise Pascal menemukan kalkulator “Pascaline”, melakukan operasi penjumlahan
1694 Gottfred Wilhem von Leibniz menemukan alat hitung penjumlahan dan perkalian
1820 kalkulator mekanik “Arithometer” oleh Charles Xavier Thomas de Colmar, alat ini mampu melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian
Cikal bakal computer : penemuan mesin hitung “difference engine” oleh Charles Babbage 1822

Pengembangan computer berdasar generasi:
1. Generasi pertama (1946-1959)
    Ciri :
    Menggunakan tabung hampa pd sirkuitnya
    Program hanya dibuat dengan bahasa mesin
    Ukuran fisik sangat besar dan memerlukan tempat luas
    Capat panas, perlu mesin pendingin
    Proses lambat
    Kapasitas sedikit
    Butuh data listrik besar
    Aplikasi terbatas
   Contoh : ENIAC, Hardvard Mark II, IBM SEC, EDSAC,ACE, SEC, UNIVAC
2. Generasi kedua (1959-1964)
    Ciri:
    Menggunakan trasnsistor pada sirkuitnya
    Ukuran fisik lebih kecil
    Menggukana program bahasa tingkat tinggi : FORTRON, COBOL, ALGOL
    Kapasitsa memori cukup besar
    Menggukana simpanan luar magnetic disk
    Mempunyai kemampuan realtime dan time sharing
    Proses operasi lebih cepat
    Membutuhkan daya lebih kecil
    Aplikasi lebih luas
    Contoh: PDP-1, PDP-8, UNIVAC III, UNIVAC SS80, IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400
3. Generasi ketiga (1964-1970)
    Ciri :
    Menggunakan IC ( Integrated Circuit)
    Peningkatan software
    Proses pengolahan data lebih cepat dan akurat
    Mempunyai kapasitas memory lebih besar
    Mengguakan penyimpan luar
    Daya listrik lebih hemat
    Menggunakan multi processing
    Menggunakan visual display terminal, mampu menampilkan gambar dan grafik
    Harga murah
    Dapat berkomunikasi antar komputer
    Contoh : IBM s/360, NOVA, UNIVAC 1108, UNIVA 9000, NCR, GE 600. GE 235, CDC 3000
4. Generasi keempat (1979-sekarang)
    Ciri :
    Berukuran lebih kecil
    Harga relative murah
    Mecul PC (personal computer)
    Terdapat aplikasi yang semakin lengkap
    Menggunakan VLSIC (Very Large Scale Integrated Circuit)
    Menggunakan chip yang bernama microprocessor
    Contoh : mikro altari MITS, Cray-I, Apple II, Desktop computer Xerox, IBM PC/XT
5. Generasi kelima
    Dalam pengembangan Negara Jepang menggunakan VLSI (Very Large Scale Interation)
 
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Contoh penerapan dibidang :
Perusahaan : ERP (Enterprise Resource Planning)
Bisnis : E-Commerce
Perbankan : E-Banking
Pendidikan : E-Learning
Kesehatan : Smart Card
DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
      Cybercrime : kejahantan atau tindak
      yang melawan hokum yang dilakukan oleh seseorang dengan mengguanakan sarana computer
      Aktivitas kejahatan dalam jaringan internet :
Hacking : usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengekploitasi stau mencari kelemahan system jaringan
Cracking : usaha memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud mencari, mengubah atau menghacurkan file atau data yang disimpan dalam computer pada suatu jaringan
 
MENGAKTIFKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTER
Prosedur yang benar menghidupkan computer
Menyalakan stabilizer
Menyalakan power pada Chassing / CPU
      Menyalakan power pada monitor
Menunggu computer loading system operasi (missal Windows)
Tunggu beberapa saat sampai keluar tampilan desktop di monitor
Prosedur yang benar mematikan computer
      Klik tombol start
      Pilih shut down atau turn off
      Klik OK
4    Tunggu beberapa saat sampai computer mati
      Matikan tombol off pada monitor dan stabilizer
 
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Perangkat keras dibangi menjadi
1. Perangkat masukan (input device)
a. Keyboard
b. Mouse
c. Joystick
d. Scanner
e. Digital camera
f. Microphone
g. Webcam
2. Perangkat proses (process device)
a. Motherboard / Mainboard
b. CPU / Microprocessor : ALU: aritmetic logical unit, CU:control unit, MU:memory unit
3. Perangkat simpan (storage device)
a. Primary storage : ROM, RAM
b. Secondary storage : harddisk, disket, UFD, CD/DVD
4. Perangkat keluaran (output device)
a. Monitor
b. Printer
5. Perangkat tambahan (peripheral) : TV turner, card reader, modem
     
      PERANGKAT LUNAK
Penggolongan perangkat lunak
1. Sistem Operasi
a. Basis teks (CLI: Command Line Interface) : MS-DOS, UNIX
b. Basis grafis (GUI:Graphic Unit Interface) : Microsoft Windows, macintosh, Linux
2. Program Utility
a. File Viewer : ACDSee, Adobe Reader
b.Sytem Utulity : program Scandisk, hardware monitor, file compression, security program(antivirus, anti spyware, firewall, password generator)
3. Bahasa Pemprograman : FORTRAN, COBOL. PASCAL, BASIC, C++, dsb…
          4. Program Aplikasi
a. Program pengolah kata
b. Program pengolah angka
c. Program presentasi
d. Program multimedia
e. Program desain grafis
f. Program publisher
g. Program database
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar